Search

Selasa, 06 Desember 2016

MUSIK

APA ITU MUSIK?


1. Pendahuluan
Musik merupakan sebuah elemen yang penting dalam kehidupan manusia. Sejak dulu kala musik sudah memegang peranan dalam beberapa fungsi berdasar jenis dari musik itu sendiri. Seiring perkembangan zaman, maka musik juga turut mengalami perkembangan dalam setiap zamannya, baik itu dari instrumen, maupun jenis musiknya. Dengan berkembangnya teknologi saat ini banyak memunculkan instrumen modern (digital) yang diadopsi dan merupakan hasil pengembangan dari instrumen yang sudah ada sebelumnya. Bahkan dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi sekarang, memudahkan semua orang untuk dapat mengakses, mendengarkan dan menikmati musik dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.
Sejarah perkembangan musik tidak dapat dilepaskan dari perkembangan budaya manusia. Hal ini disebabkan karena musik merupakan salah satu hasil dari budaya manusia di samping ilmu pengetahuan, arsitektur, bahasa dan sastra, dan lain sebagainya. Istilah musik itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu mousikos, yang diambil dari salah satu nama dewa Yunani. Mousikos dilambangkan sebagai suatu dewa keindahan dan menguasai bidang seni dan keilmuan. Aristoteles, seorang filsuf Yunani mengatakan, bahwa musik merupakan curahan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.


2. Pengertian
a. Menurut Wikipedia, pengertian musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

b. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, musik dapat diartikan ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

c. Menurut R. Cadenbach (1987:398-401) musik adalah sesuatu yang mempunyai arti dalam dirinya sendiri, manusia yang bermusik mengalami arti ini pada saat tersebut.

d. Menurut Karl-Edmund Prier (2014:123) musik adalah suatu produk dari akal manusia (bersamaan dengan hasil seni yang lainnya); musik bukanlah suatu kenyataan obyektif seperti harmoni bintang yang seakan-akan “mendikte” manusia untuk menciptakan/mendengarkan musik menurut suatu skema.



Dari uraian di atas sudah nampak bahwa tidak mudah merumuskan suatu definisi tentang musik. Terdapat banyak definisi/deskripsi untuk memperhatikan segi tertentu saja, tetapi tidak ada suatu definisi menyeluruh, sehingga pengertian yang
dari musik itu sendiri sulit untuk dipastikan.

Setiap orang memiliki selera bermusik yang berbeda-beda, bahkan cara mengekpresikan apa yang didengarnya dapat mewakili suasana hati orang tersebut. Yang pasti tanpa disadari, musik memiliki 'kekuatan' yang tak terlihat untuk membawa sebagian pendengarnya untuk berimajinasi dan juga dapat mempengaruhi jiwa, pikiran bahkan tindakan orang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar