Search

Selasa, 06 Desember 2016

Renungan Harian : Diberkati Untuk Menjadi Berkat

DIBERKATI UNTUK MENJADI BERKAT
(2 KORINTUS 8:1-15)

            Paulus mengingatkan sekaligus mendorong kembali jemaat di Korintus supaya dapat memberikan bantuan materi kepada jemaat di Yerusalem. Walaupun pada awalnya jemaat di Korintus sudah ikut dalam membantu mereka, namun mereka lalai untuk menuntaskannya, sehingga Paulus mengingatkan jemaat di Korintus dengan memberikan contoh teladan dari jemaat Makedonia dalam hal memberi. Walaupun jemaat di Makedonia hidup dalam pelbagai penderitaan dan sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan (ayat 2). Selain itu, sekalipun mereka miskin, namun kemiskinan itu tidak menahan mereka untuk terlibat memberi bantuan kepada jemaat Tuhan yang lain. Bahkan jemaat Makedonia memberikan melampaui kemampuan lebih banyak dariapada yang diharapkan (ayat 3,5). Mengapa jemaat Makedonia mampu dan rela melakukan hal tersebut?
            Pertama, karena kasih karunia yang dianugerahkan Tuhan kepada mereka (ayat 1). Dalam segala keterbatasannya, mereka tetap memberi, hal tersebut dapat mereka kerjakan karena mereka memberi atas dorongan kasih (ayat 4), bukan karena perintah atau paksaan (ayat 11,12). Kedua, karena mereka memberikan diri mereka menjadikan Kristus sebagai pusat dalam hidup mereka, mereka begitu mengasihi Tuhan sehingga ketika mereka memberi itu karena bentuk kasih dan ketaatan mereka kepada Tuhan (ayat 4). Pemberian bukanlah soal seberapa besar banyaknya pemberian itu, melainkan bentuk kasih kepada Tuhan (ayat 9,10).

            Dari jemaat Makedonia, kita belajar bahwa kemiskinan bukanlah alasan untuk tidak menolong orang lain, selain itu, ketika kita diberkati Tuhan maka kewajiban kita adalah membantu sesama kita (ayat 8), hal itu bukan supaya orang lain mendapat keringanan, melainkan supaya ada keseimbangan (ayat 13), dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya (ayat 14). biarlah kita memberi bukan karena paksaan atau dorongan melainkan dengan penuh kerelaan (ayat 12), karena Tuhan pasti memberkati sesuai dengan apa yang kita kerjakan (ayat 15). Jadilah berkat bagi sesama ketika kita diberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar