Search

Selasa, 06 Desember 2016

MENGENAL STICK DRUM

MENGENAL STICK DRUM 
I. PENDAHULUAN
            Beberapa stik khusus disebut pemukul, sikat atau 'palu' sebagai pemukul drum. Stik drum pada jaman purba digunakan sebagai alat pemukul untuk menghasilkan sebuah bunyi-bunyian, alat komunikasi. Stik drum pada jaman sekarang digunakan untuk bermain alat musik (drum) dan jenisnya pun jsudah sangat bervariasi, sesuai kegunaannya. Banyak sekali pemula yang masih bingung mana stick drum yang cocok untuk digunakan, karena pemilihan stick drum sangat penting karena ini salah satu penentu gaya dan nuansa dari sebuah irama saat bermain.
Seringkali seorang pemula memilih stick yang terlihat bagus, terasa ringan, dan harga murah. Itu adalah cara memilih stick drum yang salah. 

II. MACAM-MACAM STICK DRUM
Berikut ini beberapa macam stick drum yang bisa kamu beli dan mainkan sesuai dengan jenis musik yang kamu mainkan.

1.    Stick drum Nilon








Stick ujung nilon, sebaiknya stick nilon digunakan untuk permainan drum elektrik. Hal ini digunakan untuk melindungi V-drum kit (drum pet) dari serpihan dan goresan. Stick ini juga menghasilkan suara symbal yang nyaring. Ujung pada stik ini terbuat dari nilon (seperti palstik-keras) berbentuk seperti manik-manik, dimana nilon ini merupakan potongan terpisah dari stik. Bila dipukulkan menghasilkan suara yang lebih tajam, terutama bila di pukulkan ke simbal. Dan juga ujung stik tidak pecah serta awet.

2.    Stick Drum Kayu









Stick ujung kayu, stick berujung kayu lebih baik untuk musik rock atau sedikit keras. Pukulan keras dan menghasilkan suara cukup mantap (keras). Stik drum ini biasanya terbuat dari kayu hickory, oak atau maple. Ujung stik drum seperti ini pada umumnya di pakai sebagi stadard dari sebuah stik drum. Seluruhnya terbuat dari kayu.

3.    Stick Brush









Brush, bentuknya seperti sapu lidi. Ada yang terbuat dari baja (wire-brush), ada pula yang terbuat dari plastik atau nylon. Ada yang lembut dan ada pula yang besar. Ada pula yang ujungnya berkepala. Stik berbentuk sikat ini biasanya dipakai terkait dengan irama musik jazz. Stik ini terbuat dari rangkaian kawat baja, tetapi ada juga yang terbuat dari bahan plastik yang lembut, seperti sapu lidi. Dalam pemakaiannya stik ini tidak seharusnya dipukulkan secara tegak lurus (90 derajat), tetapi dengan menyeret untuk menghasilkan suara yang unik.
Untuk memainkannnya ada cara atau teknik tersendiri.
Jenis-jenis brush banyak sekali dan berbeda ukuran, bahan, dan finishing antara satu merek dengan merek yang lainnya. Contoh Pabrikan stik Vic Firth memberi nama brush yang terbuat dari bahan plastik dengan nama Rake. Vic Firth juga punya mempunyai brush dengan kawat yang dipilin atau dikepang yang diberi nama Dreadlocks (gimbal).
- Wire brush 
Wire Brush cocok buat memainkan musik jazz, swing, ballad, dan cool jazz.
- Rute
Berasal dari bahasa Jerman, Rute (baca Rut-the ) atau rod/multi-rod. Rute umumnya terbuat dari bambu dan diikat di sebuah gagang yang terbuat dari plastik atau karet.
Rute atau Rod Stick mempunyai level suara di antara stick dan brush. Penggunaan rute sangat digemari untuk kebutuhan-kebutuhan seperti disaat diperlukannya stik yang tidak menghasil suara sekeras dan sepadat stik drum biasa, tetapi memerlukan volume level yang lebih besar dibandingkan suara yang dihasilkan oleh brush. Pada sebuah rute biasanya dipasangkan satu atau dua gelang untuk mengontrol “kepadatan” pukulan. Agar semakin padat suara yang dihasilkan, gelang tersebut digeser ke arah ujung rute. Gelang tersebut umunya terbuar dari karet.
- Regal Tip Brush
Berdasarkan cara penyimpanannya, Brush terdiri dari 2 jenis: retractable dan non-retractable. Retractable maksudnya adalah bristles diikat dengan sebuah tulang/kawat baja yang bisa ditarik keluar masuk dari pegangannya. Tujuannya adalah untuk keamanan bristles - ketika brush tidak dipakai, bristles aman di dalam handle/pegangan. Tulang baja tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan efek “bright” ketika digunakan memukul cymbal. Sedangkan untuk tip yang terbuat dari nylon menghasilkan suara yang lebih bright dibandingkan dengan tip yang terbuat dari kayu. Dan keuntungan dari tip nylon adalah durabilitasnya, tip nylon tidak akan menipis walaupun sering digunakan. Adalah Pro-Mark, pabrikan stik terkenal Amerika memperkenalkan kembali dan mempopulerkan kembali rute di tahun 80-an yang kemudian digunakan di perangkat drum modern. Rute yang dibuat oleh Pro-Mark diberi nama Hot Rod dengan 19 batang irisan bambu kecil. Jejak Pro-Mark kemudian diikuti pabrikan stik terkenal lainnya.

4.    Stick Mallet






Pemukul ini memiliki kepala yang bulat besar seperti pemukul vibraphone. Ada beberapa ukuran besar-kecilnya bulatan/kepala. Dan kepala/bulatan pada mallet ada yang keras, dan ada pula yang lunak.
Dahulu, sebutan untuk stik drum adalah mallet. Mallet adalah sejenis pemukul yang mempunyai kepala yang besar (seperti palu). Ada 3 macam mallet:
1. Unwrapped mallets
     digunakan untuk perkusi bernada seperti glockenspiel dan xylophone, kepalanya terbuat           dari kuningan, karet, nylon, akrilikm kayu dan lain-lain.
2. Wrapped mallets
     digunakan pada perkusi bernada seperti marimba, vibraphone dan instrumen lainnya      yang key-nya lembut. Kepalanya terbuat dari kelon, karet, nylon, akrilik dan lain-lain       dengan dibungkus material lain seperti benang, tali atau lateks. Wrapped mallets juga           pilihan di dalam memainkan suspended cymbal.
3. Felt mallets or cartwheel mallets atau timpani mallet adalah jenis mallet yang kepalanya             dibungkus dengan semacam kain flanel. Digunakan untuk perkusi tidak bernada. Dalam         drum kit modern, stick jenis ini terutama digunakan untuk roll di floor tom atau cymbal roll.
Batang mallet umumnya dibuat dari kayu birch, rotan dan material sintetis seperti fiberglass.

5.    Bundle Stick









Bundle Stick (Blastix Dan Multi Rods), stik ini di kenal dengan Hot Rods dan berbagai nama yang lainnya, biasanya terbuat dari rangkaian batang kayu berdiameter kecil-kecil atau dari plastik kecil-kecil yang diikat menjadi satu. Ada yang kayunya berukuran kecil dan berjumlah banyak, dan ada pula yang berukuran besar dan berjumlah seikit. Stik ini biasa dipakai untuk irama musik drum yang tenang tetapi dapat mengeluarkan suara yang mantap (keras). Stik ini seperti perpaduan antara stik kayu dengan stik sikat. Jenis pemukul ini cocok dengan jenis musim latin, country, atau musik unplugged.

6. Synthetic Drum Sticks









Selain dari kayu strik drum juga bisa dibuat dari bahan plastik, serat cardon atau bahan dari logam. Jenis bahan sangat mempengaruhi berat badan stik dan daya tahannya. Saran yang paling efektif bila memilih stik adalah mencobanya. Bila merasa tidak nyaman lebih baik tinggalkan saja stik tersebut.

7. Tymbale Drum Sticks







Tymbale drum sticks bentuknya lebih tipis dari stik drum snare yang biasanya,hanya tidak memiliki kepala atau bahu (benar-benar silindris), diameter stik dari ujung ke ujung mempunyai ukuran yang sama dan mumnya lebih ringan. Untuk diameter dan beratnya bisa bervariasi.

8. Bachi







Bachi, lurus tongkat kayu yang digunakan untuk memainkan drum taiko Jepang, dan juga plectrum untuk instrumen senar seperti shamisen dan Biwa.

III. BAGIAN-BAGIAN DARI STICK DRUM


Stik drum terdiri dari empat bagian :
1. Bagian bawah di sebut Butt.
2. Bagian tengah di sebut Shaft
3. Bagian bahu di sebut Shoulder
4. Bagian ujung di sebut Tip
Bentuk stik drum pada umumnya adalah seperti gambar dibawah ini. Dengan ukuran yang berbeda-beda.






Kebanyakan stik drum terbuat dari kayu. Kayu maple, hickory, dan oak adalah jenis kayu yang paling populer. Ada beberapa ukuran yang berbeda paha juga dari 7A sampai 2B untuk ukuran khusus dan bahkan ukuran kustom. Tentu saja ada juga stik drum khusus yang terbuat dari berbagai jenis bahan yang lembut, plastik atau karbon
sintetis.

1. Butt, bagian ini adalah bagian yang paling penting dari keseimbangan dari sebuah stick drum. Bagian ini juga bias digunakan sebagai batter apabila diperlukan power dan volume yang lebih besar. Bagian terujung dari stik drum yang tidak mempunyai tip. Untuk efek-efek tertentu, bagian butt-end digunakan untuk memukul drum. Terutama untuk mendapatkan suara yang lebih keras dan padat.
2. Body, bagian ini adalah bagian utama dari stick drum. Beberapa pabrikan menambah beberapa modifikasi pada bagian ini. Bagian terpanjang dari stik drum. Shaft sangat berperan ketika seorang drummer memukul rimshot atau cross-sticking. Untuk mendapatkan efek-efek tertentu, seorang drummer memanfaatkan shaft ketika memukul cymbal.
3. Shoulder, shoulder adalah bagian dari stick drum yang digunakan oleh para drummer untuk memukul cymbal crash atau rim shot. Bagian dimana badan stik mulai mengecil hingga ke neck. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya respons dan bouncing yang berlebihan.
4. Taper, taper adalah bagian paling ujung dari shoulder, panjang dan ketebalan dari taper menentukan dari “kelenturan” dan “rasa” dari stick tersebut. Teper berada didaerah dekat tip dan merupakan bagian tertipis dari stik. Makin tipis/kecil diameter neck, maka stik akan makin flexibel dan lebih responsif.Stick yang bagian tapernya kecil, akan menghasilkan suara yang lebih besar dan durabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan bagian taper yang lebih panjang.
5. Tip, tip adalah bagian paling ujung dari stick. Untuk bagian ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan jenis bahannya dibagi menjadi 2, yaitu tip kayu (wood tip) dan tip plastic (nylon tip). Jenis Tip Stick-drumTip atau kepala pada stik drum sangat berpengaruh di dalam menghasilkan efek suara yang dibutuhkan seorang drummer, terutama ketika memainkannya di ride cymbal, hi-hat dan snare.
Bentuk tip yang biasa kita temui di pasaran adalah sebagai berikut:


- Round tip.






Untuk jenis round tip yang kecil biasanya digunakan untuk menghasilkan suara yang lebih bright dan fokus, terutama apabila memukul cymbal.

- Barrel tip.





Barel tip mempunyai kontak area yang lebih besar dibandingkan jenis round tip.

- Pointed atau Triangle tip.





Tip jenis ini menghasilkan fokus suara yang medium.

- Tear drop atau Olive tip.





Untuk tip jenis ini menghasilkan suara low yang sangat full, sangat cocok untuk hard hitter drummer.

 Berdasarkan jenisnya ada:
1. Acorn Tip
Menghasilkan suara yang keras dan tebal, dengan respon yang baik, seimbang dan cocok untuk musik jenis Rock.
2. Oval Tip
Menghasilkan suara yang warm, dengan bounce yang baik, dan mempunyai tone yang lembut dan ringan.
3. Barrel Tip
Tip berbentuk barrel menghasilkan suara yang lebar. Cocok untuk rekaman di dalam ruang studio.
4. Nylon Tip
Nylon menghasilkan suara yang lebih jernih dan garing. Nylon lebih awet dibandingkan dengan wood tip. Kelemahannya nylon tip sering lepas dan suara yang dihasilkan tidak cocok untuk rock drumming. Stik jenis ini cocok dimainkan untuk drum elektrik, dan musik-musik seperti pop dan jazz.

IV. JENIS KAYU UNTUK STICK DRUM

Jenis kayu yang biasa digunakan oleh pabrikan drum adalah sebagai berikut:
1. Maple.
Maple adalah kayu yang paling ringan yang digunakan sebagai bahan pembuat stick drum. Stick drum yang terbuat dari kayu meple cocok digunakan untuk permainan dengan response yang cepat. Jenis kayu ini lebih ringan dari Hickory. Cocok untuk musik yang lembut. Kelebihannya: seorang drummer bertangan besar dapat menggunakan stik maple ukuran besar tanpa takut menghasilkan suara yang terlalu keras ketika dihadapkan di dalam situasi yang tidak memungkinkan drum dipukul keras-keras.

2. Hickory.
Hickory adalah jenis kayu yang paling popular untuk digunakan sebagai bahan pembuat stick. Jenis kayu ini lebih berat dibandingkan dengan kayu maple, tapi menghasilkan durabilitas yang lebih baik dan menghasilkna suara yang lebih baik. Jenis kayu yang sangat popular untuk pembuatan stik. Padat, berat dan kokoh. Tidak diperlukan tenaga yang terlalu besar untuk menghasilkan suara yang besar. Hickory juga bisa meredam getaran sehingga bisa mencegah kelelahan pada pergelangan tangan.

3. Japanese Oak.
Jenis kayu ini lebih berat lagi dibandingkan dengan jenis kayu hickory, lebih keras dan berat dibandingkan Hickory. Tone yang dihasilkan sangat keras dan bulat. Bisa menyebabkan kelelahan bagi sebagian drummer karena berat dan tidak dapat meredam getaran.

V. UKURAN STICK DRUM

            Banyaknya merk stik drum yang beredar di pasaran pasti menimbulkan masalah bagi para drummer. Apa lagi setiap merk menawarkan stick dengan ukuran, jenis material dan bentuk tip/bead (kepala) yang berbeda-beda. Untuk tidak menambah kebingungan, saya akan menerangkan jenis-jenis stik drum berdasarkan penomoran yang disusun dari angka 2 (terberat) sampai dengan 9 (paling ringan). Penomoran ini biasanya diikuti oleh abjad yang menerangkan “peruntukan” yaitu B, A dan S yang dapat diterangkan sebagai berikut:
B = Band, yaitu stik yang penggunaannya cocok untuk sebuah Brass Band ataupun sebuah band yang mengiringi simfoni. Ukurannya lebih besar dari A dan lebih kecil dari S.
A = Orkestra, yaitu stik yang penggunaannya cocok untuk sebuah big band atau orkes pengiring tarian.
S = Street, yaitu stik yang penggunaanya cocok untuk sebuah marching band. Ukurannya yang sangat besar sangat membantu dalam menghasilkan suara yang sangat keras.
            Timbul pertanyaan mengapa untuk Orkestra diberi simbol A? Sejarah penamaan ini bermula dari pionir pabrikan drum: Ludwig Drum Company yang mempelopori pembuatan stik drum secara masal dengan menggunakan mesin-mesin modern. Sang pemilik, William F. Ludwig, Sr. mendesain nama-nama stik drum sesuai dengan peruntukannya. Dia memilih abjad “A” untuk stik orkestra karena tidak suka dengan hasil sablon pada stiknya dengan abjad “O”. Sistim penamaan oleh Bill Ludwig Sr ini kemudian diadopsi oleh semua pabrikan stik drum hingga hari ini.
Selain bentuknya bermacam-macam, stik juga mempunyai berat dan panjang yang berbeda pula. Biasanya semakin besar angka, stik akan terasa lebih berat bila di ayunkan. Misalnya, untuk ukuran 7A sebuah stik akan terasa lebih ringan dibandingkan stik ukuran 5A. Walaupun demian untuk memilih stik sebaiknya Anda mencobanya (dengan ayunan ditangan). Karena ukuran-ukuran tersebut belum tentu cocok untuk Anda.
Secara umum, ukuran stik drum dapat dilihat di tabel berikut ini:

———Size——— ———Diameter——— ———Panjang———
            2B                              0.655″                              16″
            3S                              0.669″                              17″
            5A                              0.580″                              16″
            5B                              0.600″                              16″
            7A                              0.520″                              15″
            7B                              0.600″                              16.5″
            9A                              0.580″                              16″

Note: Ukuran dan diameter bisa saja berbeda antara satu pabrikan dengan pabrikan lainnya.
1. Stik 2B ukurannya besar dan sangat berat. Ditujukan untuk pemain yang mempunyai tangan besar dan cocok untuk bermain musik keras seperti heavy metal. Ukuran yang besar dan berat menyebabkan 2B juga bagus untuk dijadikan stik latihan.
2. Stik 3S adalah yang terbesar dan extra berat sehingga bisa menimbulkan impact yang kuat dan menghasilkan suara yang besar juga. Cocok digunakan untuk pasukan marching band.
3. Stik 5A adalah favorit banyak drummer karena cocok digunakan untuk banyak jenis musik.
4. Stik 5B diameternya lebih besar sedikit dari 5A, sehingga bisa digunakan untuk banyak jenis musik tetapi dengan impact dan power yang sedikit lebih kuat.
5. Stik 7A, ukurannya kecil dan ringan. Cocok sekali untuk jenis musik jazz, combo atau yang lebih lembut dan soft. Bagi drummer yang bertangan kecil dan anak-anak, disarankan untuk menggunakan stik ukuran ini.

VI. KARAKTER SUARA STICK DRUM BERDASARKAN MERK

Karakter masing-masing merk stick. Setiap merk stick mempunyai karakter yang berbeda. Simak aja:
1. Zildjian
Stick Zidjian memang terkenal sangat kuat. Tapi ukuran dari stick Zildjian sendiri agak berbeda dari yang lainnya karena stick Zidljian cenderung lebih besar. Ukuran Rock sendiri sangat besar dan mempunyai tip yang besar pula.
2. Vic Firth
Benar-benar 'The perfect pair', semua sticknya benar-benar seimbang dan mempunyai pitch yang sama. Dan yang pasti lurus semua. Tapi ada satu kelemahan, jika anda kurang beruntung anda akan mengalami 'pematahan dini'. Hati-hati!
3. Pro Mark
Satu-satunya stick yang logonya tercantum ditengah stick. Stik ini sangat kuat tetapi balancenya cukup aneh karena stick ini berat didepan.
4. Johny Rabb
Terkenal dengan inovasinya seperti Rhythm Saw. Tapi Rhythm Saw itu sendiri dapat berbahaya untuk drum karena dapat merusak bearing edge sehingga suara drum anda bisa menjadi kacau dan tidak dapat dituning.
5. Tama
Extra kuat dan merupakan yang paling nyaman di pegang. Tapi sayang, sekarang sudah sangat jarang.
6. Vater
Banyak sekali pilihannya, tetapi keseimbangannya tidak menentu alias setiap stick tidak mempunyai karakter yang sama walaupun bentuknya sama.
7. Ahead
Stick drum super mahal. Memang, premium sekali feelnya. tapi, rebound-nya sedikit berkurang dan agak kurang berasa ketika memainkan ghost note halus karena Shock reduce systemnya. Suara drum pun akan terdengar lebih tebal, lebih ngerock. Dan yang pasti, sepasang stick ini dapat bertahan dari 6 bulan hingga belasan tahun!
8. Regal tip
Lars Ulrich sempat menggunakan stick ini tapi tidak lagi karena stick ini tidak tahan dingin dan menjadi mudah patah. Bagi beberapa orang mungkin akan merasa bahwa stick ini terlalu licin tapi ada juga yang mengatakan bahwa stick ini yang paling nyaman. Kelemahan dari stick ini adalah jika menggunakan nylon tip, biasanya neck pada ujung stick kecil sekali sehingga mudah patah.

Semoga bermanfaat. Salam musisi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar